Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Keramik di PT. Usaha Kita Sukses Mandiri Depo Sukabumi

Penulis

  • M.Cepdar Haikal W Nusa Putra University
  • M. Andri Juniansyah Nusa Putra University
  • Wahyu Hamijaya Nusa Putra University
  • Yuli Diani Rahmawati Nusa Putra University

Kata Kunci:

Harga, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh, Fenomena persaingan harga dan kualitas produk yang semakin ketat diantara banyaknya para Pelaku usaha bisnis di bidang bahan bangunan produk keramik untuk mampu meksimalkan kinerja perusahaannya agar dapat bertahan dan bersaing di pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji mengetahui pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk keramik di PT Usaha Kita Sukses Mandiri Depo Sukabumi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua retail (pengecer) di PT Usaha Kita Sukses Mandiri Depo Sukabumi. Teknik pengambilan sample pada penelitian ini menggunakan simple random sampling dengan menggunakan rumus slovin dengan total jumlah sample adalah sebanyak 89 responden. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda.Berdasarkan hasil pengujian parsian (uji-t) untuk variabel harga diperoleh thitung lebih besar daripada ttabel (3,694 > 1,663) dan nilai signifikansi lebih kecil daripada 0.05 (0,000 < 0,05). Hal ini menujukan bahwa variabel harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Serta variabel kualitas produk, hasil pengujian parsial (uji-t) diperoleh thitung lebih besar daripada ttabel (4,461 > 1,663) dan nilai signifikansi lebih kecil daripada 0.05 (0,000 < 0,05). Maka disimpulkan variabel kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Selanjutnya, dari hasil uji simultan (uji-F) diperoleh Fhitung lebih besar daripada Ftabel (378,380 > 3,101) dengan nilai signifikansi (0,000 < 0,05). Serta nilai koefiensi determinan R2 sebesar 100%. Hal ini menyimpulkan bahwa variabel harga dan kualitas produk secara bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-20