Membangun Loyalitas Konsumen Melalui Praktik Etika Bisnis: Analisis Dampak Jangka Panjang

Authors

  • Ari Triyanto Nusa Putra University
  • Elda Robeka Yekwam Nusa Putra University
  • Lintang Raia Patty Nusa Putra University
  • Putra Pratama Firmansyah Nusa Putra University
  • Vithrie Vithriani Muchamad Nusa Putra University

Keywords:

Loyalitas Konsumen, Kepercayaan Konsumen, Tanggung Jawab Sosial, Strategi Bisnis Berkelanjutan

Abstract

Etika bisnis memengaruhi nilai, norma, dan perilaku perusahaan dalam menjalin hubungan yang adil dengan konsumen. Kepercayaan konsumen menjadi kunci keberlangsungan bisnis, terutama di tengah persaingan ketat. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi peran etika bisnis dalam membangun loyalitas konsumen jangka panjang. Penelitian menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dengan studi literatur. Data dikumpulkan dari jurnal ilmiah dan sumber internet yang relevan dengan topik etika bisnis dan loyalitas konsumen. Tinjauan pustaka menjadi landasan utama dalam analisis. Penerapan etika bisnis seperti kejujuran, tanggung jawab sosial, dan integritas terbukti meningkatkan loyalitas konsumen. Perusahaan yang konsisten menerapkan nilai-nilai etis memiliki reputasi lebih baik dan keunggulan kompetitif. Etika bisnis juga memperkuat hubungan jangka panjang antara perusahaan dan pelanggan. Etika bisnis tidak hanya sebagai kewajiban moral tetapi juga strategi bisnis efektif untuk mencapai keberlangsungan perusahaan. Penelitian ini mendorong integrasi nilai etika dalam operasional bisnis untuk membangun loyalitas konsumen yang berkelanjutan

Published

2025-07-22