Implementasi Business Model Canvas pada UMKM Seblak Prasmanan Noezpoet
Keywords:
Bisnis Model Canvas (BMC), UMKM, Seblak Prasmanan Noezpoet, SWOT, strategi bisnis, makananAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat model bisnis yang lebih baik dan berkelanjutan untuk UMKM Seblak Prasmanan Noezpoet dengan menggunakan pendekatan Business Model Canvas (BMC) dan analisis SWOT. BMC dipilih karena mampu memberikan pemetaan menyeluruh dari sembilan elemen utama model bisnis, yaitu proposisi nilai, segmen pelanggan, saluran distribusi, hubungan pelanggan, sumber pendapatan, sumber daya utama, aktivitas penting, dan kolaborasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Seblak Prasmanan Noezpoet memiliki keunggulan kompetitif karena nilainya yang unik, harganya yang terjangkau, dan berbagai saluran distribusi. Namun, mereka menghadapi masalah karena biaya operasional yang tinggi dan ketergantungan pada platform pengantaran makanan. Pengembangan layanan catering, peningkatan kapasitas sumber daya manusia
Keywords: Business Model Canvas (BMC), UMKM, Seblak Prasmanan Noezpoet, SWOT, business strategy, and food
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat model bisnis yang lebih baik dan berkelanjutan untuk UMKM Seblak Prasmanan Noezpoet dengan menggunakan pendekatan Business Model Canvas (BMC) dan analisis SWOT. BMC dipilih karena mampu memberikan pemetaan menyeluruh dari sembilan elemen utama model bisnis, yaitu proposisi nilai, segmen pelanggan, saluran distribusi, hubungan pelanggan, sumber pendapatan, sumber daya utama, aktivitas penting, dan kolaborasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Seblak Prasmanan Noezpoet memiliki keunggulan kompetitif karena nilainya yang unik, harganya yang terjangkau, dan berbagai saluran distribusi. Namun, mereka menghadapi masalah karena biaya operasional yang tinggi dan ketergantungan pada platform pengantaran makanan. Pengembangan layanan catering, peningkatan kapasitas sumber daya manusia.

