Analisis Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) Dalam menentukan Strategi Pengembangan Sektor Pariwisata Kabupaten Sukabumi
Kata Kunci:
Manajemen Strategi, QSPM, IFE, EFEAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan terkait perkembangan industri pariwisata di Kabupaten Sukabumi, bahwa faktor internal dan eksternal dari pariwisata Kabupaten Sukabumi berpengaruh terhadap perkembangan industri pariwisata Kabupaten Sukabumi. Perumusan strategi dilakukan melalui pendekatan manajemen strategi dengan dua buah alat bantu, antara lain matriks SWOT dan matriks IE. Metode yang digunakan adalah mixed method dengan menggunakan sequential exploratory design. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dengan jumlah narasumber sebanyak 3 orang. Untuk menentukan hasil analisis input stage yaitu pada matriks IFE, matriks EFE dan CPM sebesar. Untuk hasil analisis matching stage pada matriks IE dan untuk menentukan posisi persaingan dan kuadran pada matriks grand strategy. Untuk hasil analisis decision stage digunakan alternatif strategi untuk pariwisata Kabupaten Sukabumi menggunakan analisis QSPM.
