Literatur Review Perbandingan Strategi Promosi antara Traveloka dan Agoda di Indonesia
Kata Kunci:
Strategi Promosi, Traveloka, Keputusan Konsumen, AgodaAbstrak
Jurnal ini menyajikan analisis perbandingan strategi promosi yang digunakan oleh dua platform pemesanan perjalanan online di Indonesia, Traveloka dan Agoda. Penelitian ini mengumpulkan dan mengevaluasi berbagai studi yang relevan dari tahun 2017 hingga 2024 dengan menggunakan metode Sistematic Literature Review (SLR). Penelitian menunjukkan bahwa faktor yang memengaruhi pilihan konsumen adalah ekuitas merek, yang mencakup kualitas merek, kesadaran merek, asosiasi merek, dan loyalitas merek. Studi juga menunjukkan bahwa, meskipun kedua platform memiliki keunggulan masing-masing, Traveloka memiliki keterlibatan media sosial dan promosi yang lebih baik. Sementara itu, Agoda memiliki potensi yang kuat untuk menumbuhkan kepercayaan pelanggan melalui kualitas layanan yang diberikannya.
