LITERATURE REVIEW-. DAMPAK GAME ONLINE TERHADAP PENGGUNANYA

Penulis

  • Nasrullah Universitas Nusa Putra
  • Muhammad Chusnul Muawwal Universitas Nusa Putra
  • Adiennurizal Putra Gunawan Universitas Nusa Putra
  • Bakang Sanusi Universitas Nusa Putra

Kata Kunci:

Game Online, Dampak, Trash-Talk, Prokrastinasi,, Mobile Legend, PUBG Mobile, Sosial

Abstrak

Pendahuluan: Game online merupakan suatu bentuk permainan yang saat ini sering digunakan, dengan penggunanya harus terhubung kedalam jaringan internet, biasanya dapat dimainkan dengn banyak orang pada waktu yang sama dan tidak terhalang oleh waktu dan tempat. Menurut Kurniawan (2017: 98) Game online adalah suatu permainan yang dimainkan dikomputer secara online (melalui internet) dan bisa dimainkan oleh banyak orang secara bersamaan. Selanjutnya Suplig (2017: 178) mendefinisikan game online adalah permainan yang berbasis pada jaringan internet di mana para pemain bisa bermain secara online dan dapat diakses oleh banyak orang dan bisa menggunakan perangkat komputer, laptop, smartphone dan tablet. Hal ini juga disampaikan Adams & Rollings (dalam Putra, 2017: 3) game online didefinisikan sebagai permainan yang dapat diakses oleh banyak pemain, dimana mesin-mesin yang digunakan pemain dihubungkan oleh suatu jaringan internet. Banyak game online yang dapat diakses dengan jaringan internet melalui komputer, laptop, smartphone, dan tablet. Tujuan dari literature review ini adalah untuk mereview dampak apa saja yang terjadi terhadap pengguna nya saat mereka memainkan game online. Metode: Literatur review dilakukan berdasarkan issue, metodologi, persamaan dan proposal penelitian lanjutan. Dari 8 penelitian yang digunakan 5 diantaranya menggunakan metode penelitian qualitative dan 2 Kuantitatif dan 1 yang lain menggunakan metode deskriptif. Populasinya adalah seluruh pengguna game online yang
masih pelajar (SD, SMP, SMA, Mahasiswa). Hasil: Berdasarkan 15 penelitian didapatkan bahwa game
online ini memiliki dampak positif dan juga negative, dimana saat penggunanya dapat mengatur waktu nyadengan baik maka itu tidak akan menyebabkan suatu masalah. Namun, apabila sebaliknya maka pengguna game online tersebut akan mendapatkan dampak negative seperti prokrastinasi dan trash-talk

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-13