Literatur Review: Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian

Penulis

  • Annisa Febriant Universitas Nusa Putra
  • Mutiara Nurfatimah A Universitas Nusa Putra
  • Ressa Prihasti N Universitas Nusa Putra
  • Selvy Yulianti W Universitas Nusa Putra

Kata Kunci:

Ekuitas merek, Keputusan pembelian

Abstrak

Pendahuluan : Ekuitas merek sebagai efek diferensial positif yang ditimbulkan oleh pengetahuan nama merek terhadap pelanggan atas produk atau jasa tersebut. Ekuitas merek mengakibatkan pelanggan memperlihatkan preferensi terhadap suatu produk dibandingkan dengan yang lain apabila keduanya pada dasarnya identik (Kartajaya, 2010). Ekuitas yang tinggi menjadi idaman setiap merek, hal itu berarti bahwa merek-merek tersebut memiliki kedekatan dengan pasar pelanggan. Semakin kuat ekuitas merek suatu produk, maka akan semakin kuat pula daya tariknya bagi konsumen untuk membeli produk tersebut dan pada akhirnya akan memberikan keuntungan yang terus meningkat kepada perusahaan (Durianto, 2004).Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh elemen ekuitas merek terhadap keputusan pembelian (purchasing decisions). Penelitian ini termotivasi karena tingginya tingkat persaingan yang dimana baik merek lama dan baru bermunculan. Mereka mulai menerapkan beberapa strategi untuk meraih pangsa pasar. Hasil : Penelitian ini menemukan bahwa perusahaan manufaktur atau pelaku bisnis yang mampu untuk menawarkan keuntungan melalui peningkatan merek produk dengan menyediakan

nilai tambah pada bisnis dan konsumennya, pada akhirnya akan mempengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian merek tersebut, karena merek mampu menunjukkan nilai produk yang ditawarkan ke pasar dan memberikan nilai baik pada konsumen maupun perusahaan. Pentingnya membangun merek menyebabkan persoalan ini bukan lagi persoalan manajer pemasaran semata. Pada hakekatnya merek telah menjadi tanggungjawab seorang CEO, karena keputusan branding yang salah akan menghancurkan seluruh value perusahaan dan begitu pula sebaliknya bila

perusahaan mampu melakukan keputusan branding yang tepat sehingga mampu meningkatkan ekuitas merek, maka merek tersebut dapat mendongkrak kinerja perusahaan dan mampu membawa perusahaan di tengah persaingan yang semakin tajam.



Unduhan

Diterbitkan

2022-11-29