Pengaruh Hardiness terhadap Work Engagement Dosen

Penulis

  • Sutarno Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Suprayitno Universitas Slamet Riyadi Surakarta

Kata Kunci:

Keuletan, Keterlibatan Kerja

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh keuletan (hardiness) terhadap keterlibatan kerja dosen berdasarkan Teori Job Demands-Resources. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi para pemangku kepentingan dalam mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi keterlibatan kerja dosen. Hal ini penting mengingat bahwa keterlibatan kerja telah diidentifikasi sebagai penentu tingkat turnover karyawan. Peningkatan keterlibatan kerja diharapkan dapat mengurangi tingkat turnover dosen, terutama mereka yang masih muda.

Berdasarkan teknik purposive sampling, jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 33 dosen Universitas Slamet Riyadi. Penelitian ini menempatkan keuletan sebagai variabel utama yang diuraikan menjadi komitmen, kontrol, dan tantangan sebagai variabel independen. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan penguraian keterlibatan kerja sebagai variabel utama yang menjadi vigor, dedikasi, dan absorpsi sebagai variabel dependen.

Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa pengaruh tantangan terhadap vigor, komitmen terhadap dedikasi, komitmen terhadap vigor, dan kontrol terhadap dedikasi signifikan karena memiliki statistik t > 1,96 (α 5%). Sementara pengaruh tantangan terhadap absorpsi, tantangan terhadap dedikasi, komitmen terhadap absorpsi, kontrol terhadap absorpsi, dan kontrol terhadap vigor tidak memiliki pengaruh yang signifikan karena memiliki statistik t <1,96 (α 5%).

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-30