Analisis Perbandingan Preferensi Mahasiswa terhadap Minat Beli di Kantin Universitas Nusa Putra dan Kantin Masjid

Penulis

  • Rizwan Maulana Universitas Nusa Putra
  • Kania Kurniastutik Universitas Nusa Putra
  • kania.kurniastutik_mn21@nusaputra.ac.id Universitas Nusa Putra
  • Mochamad Rijki Ramdani Universitas Nusa Putra

Kata Kunci:

Preferensi Mahasiswa, Perbandingan, Price, Facility, Student Loyalty, Re-Purchase Intention, Minat Beli Mahasiswa

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, manakah minat beli Mahasiswa yang paling dominan diantara memilih membeli makanan di Kantin kampus Universitas Nusa Putra dengan Kantin di lingkungan Masjid. Indikatonya antara lain yaitu Price, Facility, Student Loyalty, and Re-Purchase Intention. Data dianalisis menggunakan teknik PLS-SEM dengan pendekatan Confirmatory Factor Analysis (CFA) melalui software SMARTPLS versi 3.2.9 dan untuk melakukan analisis kualitatif dan kuantitatif terhadap perbedaan persepsi minat beli Mahasiswa, maka data yang diperoleh dibandingkan dan di uji melalui uji normalitas dan uji beda secara statistik menggunakan software IBM SPSS versi 26.0. Sampel dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Universitas Nusa Putra yang berjumlah sebanyak 150 orang. Penelitian ini menggunakan data primer, dengan cara menyebarkan pertanyaan kuesioner kepada Mahasiswa Universitas Nusa Putra. Penelitian ini adalah penilitian kuantitatif, adapun teknik analisis data dalam penelitian ini, adalah uji beda mean dengan sampel berpasangan menggunakan metode komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Price berpengaruh positif dan signifikan terhadap Student Loyalty, 2) Facility berpengaruh positif dan signifikan terhadap Student Loyalty, 3) Price berpengaruh positif dan signifikan terhadap Re-Purchase Intention, 4) Facility berpengaruh positif dan signifikan terhadap Re-Purchase Intention, 5) Student Loyalty berpengaruh positif dan signifikan terhadap Re-Purchase Intention, 6) Seluruh variabel yang ada saling mempengaruhi satu sama lain (Price, Facility, Student Loyalty, dan Re-Purchase Intention), 7) Tidak ada perbedaan yang signifikan terhadap preferensi Mahasiswa terhadap minat beli di Kantin Kampus dan Kantin Masjid. Juga dapat disimpulkan bahwa mahasiswa memberikan persepsi lebih baik pada minat beli di Kantin masjid dibandingkan di kantin Kampus namun tidak signifikan.

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-30