Analisis Kinerja Pelayanan Uji Kir di Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi

Penulis

  • Wandi Gunawan Universitas Nusa Putra
  • Fitrina Lestari Universitas Nusa Putra
  • Prasetyo Hartanto Universitas Jakarta Internasional

Kata Kunci:

Vehicle Fitness Assessment, Keselamatan Transportasi, Pengujian Kendaraan Bermotor, Evaluasi Kinerja

Abstrak

Sektor transportasi menghadapi tantangan signifikan terkait dengan kecelakaan lalu lintas dan masalah lingkungan. Di antara faktor yang memengaruhi kecelakaan lalu lintas, kondisi kendaraan bermotor memainkan peran penting. Pengujian kendaraan bermotor secara berkala sangat penting untuk mengurangi kecelakaan dan mengelola masalah lingkungan. Bagian Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) dan Divisi Bengkel Kabupaten Sukabumi bertanggung jawab atas pemeriksaan rutin kendaraan bermotor di wilayah tersebut. Untuk mencapai tujuan mereka, departemen-departemen ini harus mendirikan sistem layanan uji kendaraan bermotor yang dapat diandalkan dan bertanggung jawab.

Tujuan utama penelitian ini adalah dua: pertama, mengevaluasi kinerja PKB dan Divisi Bengkel dalam memberikan penilaian kelayakan berkala kendaraan, dan kedua, mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung atau menghambat kinerja mereka dalam melakukan tes kelayakan berkala kendaraan.

Studi ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan data yang dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Narasumber utama termasuk kepala Bagian Pengujian Kendaraan Bermotor dan Divisi Bengkel, bendahara, staf teknis, dan pemilik kendaraan yang menjalani uji kelayakan berkala.

Temuan penelitian ini dianalisis menggunakan model analisis data interaktif, yang mencakup reduksi data, tampilan data, dan penyimpulan. Metodologi ini memastikan bahwa data disusun dan dianalisis secara sistematis untuk memudahkan penyimpulan yang bermakna.

Penelitian ini memberikan wawasan berharga tentang kinerja Bagian Pengujian Kendaraan Bermotor dan Divisi Bengkel dalam memberikan layanan penilaian kelayakan berkala kendaraan. Selain itu, penelitian ini menyoroti berbagai faktor yang memengaruhi kinerja mereka dalam hal ini. Studi ini menawarkan rekomendasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses uji kelayakan kendaraan, yang pada akhirnya akan mempromosikan transportasi yang lebih aman dan bertanggung jawab terhadap lingkungan di Kabupaten Sukabumi.

 

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-30